IKIGAI: Filosofi Hidup Bahagia

Sebagian besar orang lebih mengenal istilah PASSION dibandingkan dengan IKIGAI. Istilah ini dipopulerkan oleh Albert Liebermann dan Hector Garcia dalam bukunya Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life untuk memperkenalkan prinsip hidup bahagia ala orang Jepang.

Secara harfiah Ikigai terdiri dari dua kata yaitu “IKI” yang berarti hidup dan “GAI” yang berarti nilai, sehingga jika diartikan secara langsung IKIGAI adalah Nilai Hidup. Menurut Liebermann dalam bukunya, IKIGAI adalah a reason of living. Sebuah alasan kuat mengapa seseorang diciptakan untuk hidup.

Irisan Empat Elemen

Ikigai merupakan irisan dari empat elemen yaitu Passion, Mission, Vocation dan Profession. Keempatnya saling mengisi dalam membentuk sebuah tujuan hidup yang berkelanjutan.

Passion : What You Love

Menemukan Ikigai akan jauh lebih mudah dimulai dengan menemukan Passion. Passion adalah hal yang kita sukai. Ia bisa jadi berbentuk hobi, benda bahkan makhluk hidup. Passion adalah sesuatu yang membuat kita senantiasa bergairah. Sesuatu yang membuat kita tidak pernah lelah, dan kita bersedia untuk melakukannya walau secara sukarela. Ia merupakan hal yang dapat merecharge hidup kita. Membuat Kita selalu beresemangat, bahkan walau hanya memikirkannya.

Mission : What The World Need

Setelah menemukan Passion di dalam diri kita, mari perluas sudut pandang kita. Mulailah mengidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita. Apakah itu pemerataan pendidikan? lingkungan hidup yang lebih ramah anak? bauran energi alternatif? Lapangan pekerjaan yang lebih banyak?

Jika kita perhatikan, banyak sekali permasalahan yang ada di lingkungan kita. Dari sekian banyak masalah yang ada, adakah diantaranya yang dapat melibatkan Passion kita untuk menyelesaikannya?

Cobalah untuk menemukan benang merah antara hal yang kita sukai dengan apa yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita.

Vocation : What You Can Be Paid For

Sudah menemukan benang merah diantara kedua elemen tadi? Mari kita lanjutkan. Dalam menjalankan kehidupan, tentu saja kita memerlukan berbagai macam hal untuk bertahan hidup. Kita perlu makan untuk tetap berenergi, pendidikan untuk memperluas pengetahuan, rumah dan pakaian sebagai kebutuhan primer. Setelah menemukan benang merah diantara Passion dan Mission, kita akan mulai mencari hubungan keduanya dengan Vocation.

Bagaimana membuat agar hal yang kita sukai dan dibutuhkan oleh dunia membawa penghidupan bagi kita (a.k.a memberikan keuntungan/menghasilkan uang). Apakah itu melalui membangun usaha sendiri, menjadi freelancer, tenaga ahli dsb.

Profession : What You Are Good At

Elemen terakhir yang akan melengkapi definisi IKIGAI kita adalah Profession. Hal yang kita sukai, dibutuhkan oleh dunia, kita dibayar untuk hal tersebut, dan kita ahli dibidangnya. Hal ini bisa saja berkaitan dengan latar belakang pendidikan atau spesialisasi keahlian. Hal yang pengetahuannya familiar dan sangat kita kuasai.

Irisan dari keempat elemen itu akan membuat hidup kita bermakna. Hidup akan lebih bahagia karena kita menyukai apa yang kita kerjakan. Ia membawa manfaat yang besar bagi dunia, kita dibayar untuk itu dan semakin ahli di bidangnya. Apa yang lebih baik dari bangun setiap hari dan menjalani kehidupan seperti itu?

Kehidupan bermakna, membawa manfaat, berkecukupan dengan keilmuan yang luas. Tidak dapat dipungkiri, seseorang yang telah menemukan IKIGAI dalam hidupnya mampu mencapai usia hingga ratusan tahun

WRITTEN BY

Zelina Vanesia

Career Analyst in Indonesian Aerospace Inc. Passionate in People Development, Human Cognitive and Psychology.

Source: https://medium.com/@zelinavenesia/ikigai-filosofi-hidup-bahagia-dc14d78b0e83

"This article is fully made by the writer and we just appreciate her article by posting in our page, we are fully aware it's not belong to us"